Pimpinan KPK Kuliah Umum “Pendidikan Antikorupsi” di Universitas Borneo Tarakan

Beranda > Berita > Pimpinan KPK Kuliah Umum “Pendidikan Antikorupsi” di Universitas Borneo Tarakan

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Dr. Nurul Ghufron, SH, MH memberikan kuliah umum dengan tema “Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi” di ruang auditorium lantai empat gedung rektorat Universitas Borneo Tarakan (UBT), yang dilakukan secara hybrid, yaitu ada peserta mengikuti secara luring (offline) atau hadir langsung di tempat acara dan secara daring (online) menggunakan aplikasi Zoom dan melalui kanal youtube UBT yang diikuti oleh civitas akademika UBT, Selasa (26/10/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UBT Dr. Ir. Adi Sutrisno, MP. Dalam sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor UBT Prof. Dr. Adri Patton. M.Si, menyampaikan terimaka kasi dan apresiasi yang tinggi atas alokasi waktu Wakil Ketua KPK RI Dr. Nurul Ghufron, SH, MH memberikan kuliah umum tentang pendidikan antikorupsi di kalangan civitas akademika UBT disela agenda kerjanya di Provinsi Kalimantan Utara. Tema yang diangkat dalam kuliah umum ini sangat relevan dengan semangat pemberantasan korupsi yang merupakan agenda nasional yang harus disukseskan oleh semua pihak, termasuk civitas akademika UBT yang harus mengambil peran membentuk intelektual yang berintegritas menanamkan nilai-nilai dan prilaku anti korupsi serta patuh pada aturan, sehingga dapat mewujudkan misi UBT mendorong terwujudnya kekuatan moral dalam pembentukan masyarakat madani dan pembangunan berkelanjutan.

Dalam kuliah umumnya Wakil Ketua KPK RI Dr. Nurul Ghufron, SH, MH, menjelaskan pentingnya peran perguruan tinggi untuk menanamkan pemahaman antikorupsi bagi seluruh masyarakat. Pada bagian lain, beliau juga meminta pendidikan antikorupsi disisipkan dalam kurikulum pendidikan tinggi atau dimasukkan dalam beberpa mata kuliah yang ada di UBT. Kuliah umum yang diselenggarakan ini mendapat respon dan antusiasme yang tinggi dari peserta acara, ketika dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh Dekan Fakultas Hukum UBT Dr. Yahya Ahmad Zein, SH., MH., selaku moderator.

Tampak hadir dalam kuliah umum ini para unsur pimpinan UBT, mulai dari Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr.-Ing. Ir. Daud Nawir, ST., MT., Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan , Ketua-ketua lembaga dan unit pelaksana teknis, tenaga kependidikan serta mahasiswa-mahasiswa pengurus organisasi kemahasiswaan di lingkungan UBT.  Kegiatan kuliah umum yang dimulai pada pukul 10.00 WITA berakhir pada pukul 12.00 WITA. Sebelum mengakhiri kegiatan,  Wakil Rektor Bidang Akademik UBT Dr. Ir. Adi Sutrisno, MP. mewakili Rektor UBT Prof. Dr. Adri Patton. M.Si., mengalungkan cindermata maik-manik khas suku dayak Kalimantan Utara kepada Wakil Ketua KPK RI Dr. Nurul Ghufron, SH, MH, dilanjutkan dengan pemberian plakat UBT oleh Dekan Fakultas Hukum UBT Dr. Yahya Ahmad Zein, SH., MH., dan photo bersama.

Related Posts

Leave a Reply