Penerimaan Mahasiswa Baru

Beranda > Penerimaan Mahasiswa Baru

Seleksi Masuk Universitas Borneo Tarakan

Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
Universitas Borneo Tarakan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru yaitu Seleksi Masuk Universitas Borneo Tarakan (SMUBT). UBT berharap dengan dibukanya jalur SMUBT maka calon mahasiswa yang berada di wilayah perbatasan atau di daerah-daerah perbatasan di kawasan Kalimantan Utara dapat menjadi mahasiswa UBT.
Universitas Borneo Tarakan mengembangkan sistem seleksi mandiri yaitu Pola Penelusuran Minat dan Kemampuan Program Diploma Tiga (PMDK-D3). PMDK-D3 merupakan seleksi mandiri berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai raport dan prestasi-prestasi lainnya.
Dalam rangka percepatan peningkatan daya saing bagsa diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan kualifikasi akademik yang handal dan relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa. Untuk itu Universitas Borneo Tarakan meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya diwilayah perbatasan, dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang Magister.