Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus BPM dan UKM Periode 2022 di lingkungan Universitas Borneo Tarakan

Beranda > Berita > Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus BPM dan UKM Periode 2022 di lingkungan Universitas Borneo Tarakan

Bagian Kemahasiswaan Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Borneo Tarakan pada Jumat (18/3/2022), kembali menggelar acara tahunan, yaitu Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Periode 2022 di lingkungan Universitas Borneo Tarakan bertempat di Auditorium Lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Borneo Tarakan.

Acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Ormawa di lingkungan Universitas Borneo Tarakan dilaksanakan secara hybrid. Peserta lantik yang mengikuti secara luring (offline) dengan mengikuti protokol kesehatan, hadir unsur Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Ketua-ketua Divisi masing-masing ormawa, sedangkan anggota pengurus lainnya hadir secara daring (online). Pada periode 2022 ini, untuk pertama kalinya dilakukan pelantikan dosen pembina dan dosen wakil pembina masing-masing ormawa.

Acara Pelantikan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Para Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, dan Bagian Kemahasiswaan Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Borneo Tarakan.

Acara utama pelantikan diawali dengan pembacaan nama dosen Pembina dan Wakil Pembina masing-masing ormawa tingkat Universitas Borneo Tarakan Tahun 2022. Dilanjutkan dengan pelantikan jabatan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama mewakili Rektor Universitas Borneo Tarakan.

 

Acara berikutnya, pembacaan nama-nama Pengurus masing-masing ormawa tingkat Universitas Borneo Tarakan Tahun 2022. Dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama mewakili Rektor Universitas Borneo Tarakan terhadap 12 ormawa, terdiri dari Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), UKM Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (IMPA), UKM Korps Suka Relawan (KSR), UKM Seni dan Budaya, UKM Radio, UKM Riset dan Penalaran Ilmiah (RPI), UKM English Community (ECOM), UKM Pramuka, UKM Pers, UKM Olahraga, UKM Star-Up, dan UKM Literasi.

Kemudian dilanjutkan pembacaan sikap oleh pengurus Ormawa UBT Periode 2022, yang pembacaannya dipimpin Rifky Nasrulloh (Ketua UKM IMPA) berisi pernyataan mahasiswa UBT menolak segala bentuk radikalisme, ujaran kebenciaan, intoleransi, dan bertekad menjunjung tinggi Kebhinekaan, dan NKRI harga mati.

Setelah acara pelantikan dan pembacaan sikap, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ir. M. Djaya Bakri mewakili Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, MSi., menyerahkan dana pembinaan ormawa kepada masing-masing Ketua Ormawa.

Wakil Rektor mewakili Rektor Universitas Borneo Tarakan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pengurus, Pembina dan Wakil Pembina Organisasi Mahasiswa UBT Periode 2022 yang telah dilantik. Selanjutnya para pengurus ormawa ini diminta untuk segera menyusun dan memantapkan program kerja yang harus dicapai, serta dapat berkoordinasi dengan dosen pembina dan wakil pembina yang telah ditugaskan. Program kerja tersebut akan dipaparkan pada saat Rapat Kerja Kemahasiswaan 2022 yang akan difasilitasi oleh Bagian Kemahasiswaan BAKK Universitas Borneo Tarakan. Khusus kepada BPM, diminta segera menyelenggarakan pemilihan raya (pemira) mahasiswa untuk pembentukan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UBT Periode 2022.

Wakil Rektor menyampaikan bahwa keikut-sertaan dalam organisasi akan dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik mahasiswa berupa softskill yang nantinya akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja disamping kemampuan akademik. Oleh karenanya diharapkan semua ormawa dapat meningkatkan kreatifitas dan berkinerja baik dengan bimbingan dosen pembina, yang pada akhirnya dapat berkontribusi dalam peningkatan pencapaian indikator kinerja utama universitas, seperti mahasiswa berprestasi sejalan dengan program MBKM, dan akan meningkatkan peringkat bidang kemahasiswaan UBT dalam Simkatmawa dan liga IKU.

Pada bagian akhir, Wakil Rektor menyampaikan dengan selalu membiasakan yang benar, meningkatkan sinergi dan semangat civitas akademika bersama berprestasi membangun dan memajukan Universitas Borneo Tarakan untuk mewujudkan UBT sebagai center of excellence.

Related Posts

Leave a Reply