Program Sarjana

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan

Beranda > Fakultas > Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Program Studi Teknologi Hasil Perikanan
Status ProdiAktif
Kode Prodi54249
Nama ProdiTeknologi Hasil Perikanan
JenjangS1
AkreditasiB
Tanggal Berdiri23 Oktober 2017
SK Penyelenggaraan598/KPT/I/2017
Tanggal SK-
Telepon081153011775
Emailthp.fpikubt@borneo.ac.id
Websitehttps://fpik.ubt.ac.id/

Deskripsi

Teknologi Hasil Perikanan (THP) merupakan salah program studi (prodi) yang berada di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Borneo Tarakan. Prodi THP memperoleh izin pembukaan prodi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor 598/KPT/I/2017 dan mulai menerima mahasiswa baru di tahun 2018.

Visi dan Misi

Visi

Pada tahun 2030 menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian dibidang teknologi hasil perikanan berbasis sumberdaya perairan laut tropis yang unggul di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

Misi
  1. Membangun sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan berstandar nasional dan internasional
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai bahkan melampaui standar nasional pendidikan tinggi
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan standar mutu lulusan yang dapat bersaing secara global.
  4. Mengembangkan ilmu dan teknologi hasil perikanan melalui penyelenggaraan riset dan publikasi pada jurnal bertaraf nasional dan internasional
  5. Menyebarluaskan ilmu dan teknologi hasil perikanan melalui ppenerapan teknologi kepada masyarakat dan dunia insdustri.
  6. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam rangka penggalian, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu dan teknologi hasil perikanan khususnya di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

Kompetensi Program Studi

Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan diharapkan menjadi seorang sarjana yang memiliki profil sebagai berikut ini :

1. Entrepreneur

Lulusan dari Teknologi Hasil Perikanan mampu melihat peluang, membuat produk, dan memanajemen sistem pemasaran dibidang hasil perikanan.

2. Penyuluh Perikanan

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dalam memberikan informasi terkait bidang hasil perikanan kepada pelaku utama dan pelaku usaha perikanan.

3. Quality Control

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan dapat menjamin produk yang dihasilkan berkualitas baik, memverifikasi kualitas produk, memonitor setiap proses dalam pengolahan produk, dan memastikan produk dari standar perusahaan memenuhi standar mutu yang ada, khususnya Quality Control pada pengolahan dan pengemasan hasil perikanan.

4. Supervisior

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan mandiri dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan, mampu mengarahkan setiap pekerja/bawahan, merencanakan kegiatan, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengontrol, dan memastikan setiap pekerja terlibat dalam setiap kegiatan dibidang pengolahan hasil perikanan.

5. Research and Development (RND)

Lulusan Teknologi Hasil Perikanan mampu melakukan riset dan formulasi terhadap hasil perikanan, terampil dalam mendesain serta melakukan pengembangan terhadap teknologi untuk peningkatan kualitas produk.

Dosen Homebase

No. Nama Pendidikan
1 IRA MAYA ABDIANI, S.Pi., M.Sc. S2
2 MOHAMMAD FADNAN AKHMADI, S.Pi., M.Sc S2
3 IMRA, S.Pi., M.Si. S2
4 SUMARLIN, S.Si., M.Si. S2
5 TRI PAUS HASIHOLAN HUTAPEA, S.Si., M.Si. S2
6 NOVI LUTHFIYANA, S.Pi., M.Si. S2
7 RENI TRI CAHYANI, S.Pi., M.Si. S2
8 NURHIKMA, S.Pi., M.Si. S2
9 STEPHANIE BIJA, S.Pd., M.Si. S2
10 CHRISTINE DYTA NUGRAENI, S.Si., M.Si. S2