Program Sarjana

Program Studi Pendidikan Matematika

Beranda > Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Status ProdiAktif
Kode Prodi84202
Nama ProdiPendidikan Matematika
JenjangS1
Akreditasi-
Tanggal Berdiri09 Oktober 1999
SK Penyelenggaraan162/E/O/2011
Tanggal SK-
Telepon05512052558
Emailpmatematika@borneo.ac.id

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Matematika berdiri pada tanggal 5 Juni 2001 dengan Nomor surat keputusan pendirian Program Studi 37/D/O/2001 dengan nama jurusan pendidikan matematika yang bernaung di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Matematika terdiri atas program studi pendidikan matematika S1. Profil dari Program Studi pendidikan matematika adalah menghasilkan lulusan sebagai pendidik matematika, asisten penelitian pendidikan matematika, dan Edupreneur. Peringkat akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika adalah B dengan SK BAN PT Nomor 3708/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 yang berlaku sampai dengan 10 Oktober 2022 struktur kurikulum untuk mewujudkan profil tersebut terdiri atas 144 SKS yang tersebar dalam 7 bidang kajian (bidang kajian umum, bidang kajian ilmu pendidikan, bidang kajian matematika, bidang kajian penciri universitas, dan bidang kajian pilihan).

Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat penyelenggara pendidikan Matematika berkualitas untuk mendukung pembangunan pendidikan yang berkelanjutan di wilayah Utara Kalimantan pada tahun 2025.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang memenuhi standar nasional menuju standar internasional di bidang pendidikan matematika.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEK.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan matematika yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di wilayah utara Kalimantan.
  4. Melakukan kerjasama dengan pemangku kepentingan baik di tingkat Lokal, Regional, Nasional, maupun Internasional.

Kompetensi Program Studi

KOMPETENSI UTAMA
  1. Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika memiliki kemampuan sebagai tenaga pendidik Matematika
  2. Mampu menerapkan Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam media pembelajaran (Apakahn hanya tergantung pada IPTEK. Akan lebih baik jika disandingkan dengan pengembangan media tradisional dengan menekankan kearifan loka. Hal tersebut lebih tepat lagi mengingat ketersediaan energi listrik di Kota Tarakan)
  3. Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan pendidikan matematika
  4. Memiliki kemampuan dalam mengelola sistem administrasi di sekolah
  5. Mampu Menjadi Teladan bagi peserta didik
  6. Mampu Melaksanakan Penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang Pendidikan Matematika dan IPTEK (harus ditanamkan jiwa pengabdia kepada masyarakat)
  7. Diperbanyak lagi…(rumusan ini sudah lebih mengarah ke Mata Kuliah)
  8. Level matematikanya dipertegas juga    
KOMPETENSI PENDUKUNG
  1. Mampu Memberdayakan Potensi Lokal wilayah pesisir dan wilayah perbatasan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dalam bidang matematika
  2. Memiliki kemampuan menulis artikel berbahasa Inggris dan mampu mengkomunikasikan gagasan secara lisan atau tulisan berbahasa Inggris
  3. Mengoptimalkan sumberdaya yang ada di lingkungan 
KOMPETENSI LAINNYA
  1. Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan bekerjasama dengan stake holder.

Dosen Homebase

No. Nama Pendidikan
1 Dr. SUCIATI, S.Si., M.Pd. S3
2 Dr. JERO BUDI DARMAYASA, S.Pd., M.Pd.Si. S3
3 ARIEF ERTHA KUSUMA, S.Pd., M.Pd. S2
4 HARIATY HAMID, S.Si., M.Pd. S2
5 FERRYANSYAH, S.Pd., M.Si. S2
6 MAHARANI IZZATIN, S.Pd., M.Pd. S2
7 ALFIAN MUCTI, S.Pd., M.Si. S2
8 EKA WIDYAWATI, S.Pd., M.Pd. S2
9 IKA NOVIANTARI, S.Si., M.Pd. S2
10 SETIA WIDIA RAHAYU, S.Pd., M.Pd. S2
11 NURMALA R, S.Pd., M.Pd. S2
12 HERMANSYAH, S.Pd., M.Si. S2
13 RUSTAM E. SIMAMORA, S.Pd., M.Pd. S2
14 IRIANTO ARAS, S.Pd., M.Pd. S2
15 DWI SUSANTI, S.Si., M.Pd. S2
16 AZWAR ANWAR, S.Pd., M.Pd. S2