Tarakan, 12 September 2023. Universitas Borneo Tarakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan sosialisasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan yang berfokus pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR) di Gedung Rektorat lantai 4 Universitas Borneo Tarakan (UBT).
Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si., Staf Ahli Bidang Aparatur, Pelayanan Publik dan Kemasyarakatan Ir. H. Syahrullah Mursalim, M.P., Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara Maria Ulfah, S.E., M.Si., serta mahasiswa Universitas Borneo Tarakan turut memeriahkan kegiatan sosialisasi ini.
Dalam sambutannya Rektor Universitas Borneo Tarakan, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si. Menyampaikan bahwa peran perguruan tinggi itu penting dalam mendukung Upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N LAPOR). Beliau menyatakan komitmen kuat UBT untuk berkolaborasi Bersama dengan pemerintah khususnya di bidang pelayanan Publik.
Staf Ahli Bidang Aparatur Pelayanan Publik dan Kemasyarakatan Ir. H. Syahrullah Mursalin, M.P. juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini serta memberikan pandangan yang mendalam tentang pentingnya SP4N LAPOR dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik. Beliau mendorong seluruh peserta untuk aktif dalam memberikan masukan dan pengaduan untuk perbaikan pelayanan.
Selama acara ini, peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang cara menggunakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dengan efektif. Mereka diajak untuk aktif dalam memberikan masukan, pengaduan, dan saran yang dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
lam rangka menindaklanjuti hasil sosialisasi ini, pemerintah akan terus berkomunikasi dengan masyarakat dan terbuka untuk menerima masukan dan pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional. Pemerintah juga akan terus bekerja sama dengan perguruan tinggi dan mitra lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kalimantan Utara.
Dengan demikian, sosialisasi ini bukan hanya menjadi awal yang baik, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam perjalanan Kalimantan Utara menuju pelayanan publik yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. #HMS#AR#BVL