Program Sarjana

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Beranda > Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Status ProdiAktif
Kode Prodi86201
Nama ProdiBimbingan dan Konseling
JenjangS1
Akreditasi-
Tanggal Berdiri09 Oktober 1999
SK Penyelenggaraan162/E/O/2011
Tanggal SK-
Telepon081351892983
Emailfkip@borneo.ac.id

Deskripsi

Bimbingan dan Konseling FKIP UBT didirikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 37/D/O/2001 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Dan Pendirian Universitas Borneo di Tarakan Yang Diselenggarakan Oleh Yayasan“Pinekindi”Tarakan. Kemudian diperbarui melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 162/E/O/2011 tentang Penetapan Kembali Program-program Studi Pada Universitas Borneo Tarakan

Meskipun ijin pendirian dimulai pada tahun 2001, program studi Bimbingan dan Konseling memulai penyelenggaraan pada bulan September tahun 2010. Kemudian pada Keputusan BAN PT Nomor : 403/ SK/ BAN-PT/ Akred /S/X/2014 terakreditasi dengan peringkat C pada program sarjana. Namun saat ini, Berdasarkan pada Keputusan BAN PT Nomor : 3579/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019 terakreditasi dengan peringkat B pada program sarjana.

Program studi Bimbingan dan Konseling telah memiliki jumlah dosen berkualifikasi minimal magister sesuai dengan analisis kebutuhan dan lulusan yang telah bekerja sesuai keilmuan Bimbingan dan Konseling. Program Studi Bimbingan dan Konseling telah memiliki kurikulum pendidikan tinggi yang disesuaikan pada tren kerja, asosiasi, dan peraturan pemerintah serta undang-undang yang berlaku.

Program Studi Bimbingan dan Konseling menempati kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan dengan lokasi di Jl. Amal Lama, No.1, Tarakan Timur, Tarakan.

Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UBT merupakan penyelenggara program pendidikan dan pengajaran pada jenjang sarjana Bimbingan dan Konseling serta penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dalam setting sekolah maupun setting masyarakat. 

Visi dan Misi

Visi

Menyelenggarakan Keilmuan Bimbingan dan Konseling berbasis riset yang mendukung potensi sumber daya manusia di kawasan perbatasan.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang memperhatikan keahlian Bimbingan dan Konseling dalam mendukung pengembangan potensi sumber daya manusia.
  2. Menyelenggarakan penelitian Bimbingan dan Konseling yang bersandar dan terarah pada pengembangan potensi sumber daya manusia di kawasan perbatasan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan keahlian Bimbingan dan Konseling di kawasan perbatasan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama kemitraan di tingkat regional, nasional, dan internasional dalam rangka peningkatan mutu program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UBT.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan keahlian Bimbingan dan Konseling yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung pengembangan potensi sumber daya manusia di kawasan perbatasan.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan ilmu, teknologi dan keahlian Bimbingan dan Konseling pada program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UBT.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di wilayah perbatasan melalui penerapan ilmu, teknologi, dan keahlian bimbingan dan konseling.
  4. Menghasilkan kerjasama kemitraan di tingkat regional, nasional, internasional dalam rangka peningkatan mutu program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UBT.

Kompetensi Program Studi

Kompetensi Utama
  1. Mampu melaksanakan analisis kebutuhan sasaran layanan dengan menggunakan instrumen yang sudah baku dan yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan instrument;
  2. Mampu menyusun program bimbingan dan konseling yang komperhensif dan memandirikan yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan perseparatif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan komprehensif serta hasil analisis kebutuhan sasaran layanan;
  3. Mampu melaksanakan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dan dukungan system secara klasikal, kelompok, dan individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman social budaya, dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan;
  4. Mampu melaksanakan konseling individual dan kelompok dengan menggunakan pendekatan, prosedur, dan teknik konseling psikodinamik, humanistic, behavioristic, kognitif, postmodern dan integratif berdasarkan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dihadapi sasaran layanan, yang disesuaikan dengan perkembangan dan problematic sasaran layanan dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan budaya;
  5. Mampu merancang, dan melaksanakan evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkat dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, serta multimedia;
  6. Mampu mengaplikasikan Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak, Bimbingan dan Konseling ABK, dan Komunitas Luar Sekolah, serta memanfaatkan pendekatan psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmodern dan integratif, serta mampu melakukan diagnosis dan prognosis terhadap sasaran layanan.
Kompetensi Pendukung
  1. Menguasai konsep teoritis tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, social budaya, dan antropologi;
  2. Menguasai pronsip dan teknik konseling psikodinamik, humanistic, behavioristic, kognitif, postmodern dan integrative;
  3. Menguasai metodologi penelitian bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode ualitatif dan kuantitatif;
  4. Menguasai pengetahuan factual tentang isu-isu problematika dalam kehidupan masyarakat;
  5. Menguasai prinsip-prinsip, prosedur, dan metode dalam evaluasi dan supervise layanan bimbingan dan konseling;
  6. Menguasai prinsip dan teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru;
  7. Menguasai konsep teoritis, Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak, Bimbingan dan Konseling ABK, dan Komunitas Luar Sekoah secara umum dan konsep teoritis Pendidikan Anak Usia Dini, Anak Berkebutuhan Khusus, dan Komunitas khusus berdasarkan diagnosis dan prognosis terhadap sasaran layanan;
  8. Menguasai konsep dasar ajaran agama dan permasalahan;
  9. Menguasai konsep dasar keterampilan berbahasa, baik Bahasa nasional dan internasional;
  10. Mengausai pengetahuan tentang permasalahan social, humum, ekonomi, budaya, sumber daya laut tropis dikawasan perbatasan.
Kompetensi Lainnya
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Dosen Homebase

No. Nama Lengkap Dosen Tetap NIDN/ NIDK Tanggal Lahir Sertifikat Pendidik Jabatan Fungsional Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
1 Siti Maliha 0703098003 03 September 1980 Lektor S.Psi., M.Psi., Ph.D. S1, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya S2, Universitas Airlannga S3, The University of Queensland S1, Psikologi S2, Psikologi S3, Psikologi Pendidikan
2 Siti Rahmi 28088304 28 Agustus 1983 Lektor S.Sos.I., M.Pd. S1, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu S2, Universitas Negeri Makassar S1, Komunikasi dan Penyiaran Islam S2, Bimbingan dan Konseling
3 Urotul Aliyah 0010048403 10 April 1984 - Asisten Ahli S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Negeri Yogyakarta S2, Universitas Negeri Semarang S1, Bimbingan dan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
4 NAZWA MANURUNG 1316038401 16 Maret 1984 Asisten Ahli S.Psi., M.Psi. S1, Universitas Sumatera Utara S2, Universitas Sumatera Utara S1, Psikologi S2, Psikologi
5 Hendra Pribadi 1107068302 11 September 1985 Lektor S.Pd., M.Psi. S1, Universitas Mulawarman S2, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya S1, Bimbingan dan Konseling S2, Psikologi
6 Suriata 0024128703 24 Desember 1987 Lektor S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Haluoleo Kendari S2, Universitas Negeri Makassar S1, Bimbingan dan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
7 Emma Juwita Magdalena Sirait 00090687 09 Juni 1987 Lektor S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Negeri Medan S2, Universitas Negeri Medan S1, Pendidikan Administrasi Perkantoran S2, Administrasi Pendidikan
8 Riski Sovayunanto 16069201 16 Juni 1992 Lektor S.Psi., M.Si. S1, Universitas Muhammadiyah Malang S2, Universitas Airlannga S1, Psikologi S2, Psikologi
9 Tri Cahyono 0006019005 06 Januari 1990 - Lektor S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Negeri Malang S2, Universitas Negeri Malang S1, Bimbingan dan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
10 Emmy Ardiwinata 0002059108 02 Mei 1991 - Lektor S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Mulawarman S2, Universitas Negeri Semarang S1, Pendidikan Bimbingan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
11 Cici Ismuniar 0024129103 24 Desember 1991 Lektor S.Psi., M.Psi. S1, Brawijaya S2, Universitas Padjadjaran S1, Psikologi S2, Psikologi Profesi
12 Ni Made Diah Padmi 0026029302 26 Februari 1993 - Lektor S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Pendidikan Ganesha S2, Universitas Pendidikan Ganesha S1, Bimbingan dan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
13 Nisa Ariantini 0006109302 06 Oktober 1993 - Lektor S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Borneo Tarakan S2, Universitas Negeri Malang S1, Bimbingan dan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
14 Nurul Fadillah 0026069301 26 Juni 1993 - Lektor S.Pd.I., M.Pd. S1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta S1, Pendidikan Agama Islam S2, Pendidikan Islam
15 Suprianto - 10 Juni 1986 Lektor S.Sos.,M.Pd S1, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Muhammadiyah Sinjai S2, Universitas Negeri Makassar S1, Ilmu Sosial S2, Pendidikan Administrasi Umum
16 A. Ahmad Ridha 0007059207 07 Mei 1992 - Asisten Ahli S.Psi., M.Psi. S1, Universitas Negeri Makassar S2, Universitas Airlangga S1, Psikologi S2, Psikologi Profesi
17 Zainal Abidin Muhja 0009088902 09 Agustus 1989 Lektor B.IS., M.IRKH S1, Global University Lebanon S2, International Islamic University Malaysia S1, Islamic Studies S2, Usuluddin and Comparative Religion
18 Kusumawati 0005099305 05 September 1993 - Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd. S1, Universitas Borneo Tarakan S2, Universitas Negeri Yogyakarta S1, Bimbingan dan Konseling S2, Bimbingan dan Konseling
19 Ari Rahmi Hasfaraini 0010019307 10 Januari 1993 - Tenaga Pengajar S.Pd., M.Psi. S1, Universitas Mulawarman S2, Universitas Negeri Yogyakarta S1, Pendidikan Anak Usia Dini S2, Psikologi