Seleksi Masuk Universitas Borneo Tarakan Pola Mandiri

Beranda > Penerimaan Mahasiswa Baru > Seleksi Masuk Universitas Borneo Tarakan Pola Mandiri

Latar Belakang

Perguruan tinggi dipandang sebagai sebuah sistem yang terdiri atas subsistem yaitu masukan (calon mahasiswa), proses dan keluaran (lulusan). Kualitas dari Perguruan Tinggi sangat ditentukan oleh kualitas calon mahasiswa sehingga diperlukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui penjaringan calon mahasiswa.

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, Universitas Borneo Tarakan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru yaitu Seleksi Masuk Universitas Borneo Tarakan (SMUBT). UBT berharap dengan dibukanya jalur SMUBT maka calon mahasiswa yang berada di wilayah perbatasan atau di daerah-daerah perbatasan di kawasan Kalimantan Utara dapat menjadi mahasiswa UBT.

Tujuan

Tujuan SMUBT Mandiri adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa di daerah khusus di wilayah Kalimantan Utara untuk memperoleh akses masuk PTN khususnya UBT.
  2. Memberikan kesempatan terhadap calon mahasiswa yang tidak sempat mengikuti jalur penerimaan nasional atau gagal dalam jalur penerimaan nasional dan ingin melanjutkan studi ke PTN khususnya UBT.
  3. Meningkatkan angka partisipasi aktif masyarakat wilayah Kalimantan Utara untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Jalur Penerimaan Mandiri

Universitas Borneo Tarakan membuka penerimaan mahsiswa baru tahun 2021 melalui pola mandiri sebagai berikut:

  1. Program Sarjana
    1. Jalur Hasil UTBK-SBMPTN 2021
    2. Jalur Tes UTBK-SMUBT
    3. Jalur Kelas Kerjasama
  1. Program Diploma
    1. Jalur Tes UTBK-SMUBT

Adalah penerimaan mahasiswa baru berdasarkan Hasil UTBK-SBMPTN tahun 2021. Peserta diberi kesempatan untuk memilih dua progam studi berdasarkan pilihan Ujiannya (Soshum/Saintek).

Peserta yang akan mendaftar di UBT melalui Hasil UTBK-SBMPTN diharapkan teliti ketika melakukan penginputan atau memasukan data Nomor UTBK-SBMPTN dan Pilihan Seleksi/Ujiannya.

Peserta yang dinyatakan diterima melalui seleksi nasional jalur SBMPTN pada tanggal 14 Juni 2021 tidak diperkenankan mengikuti seleksi mandiri UBT jalur Hasil UTBK-SBMPTN, apabila diketahui maka akan dibatalkan kelulusannya di seleksi mandiri UBT.

Pendaftaran mahasiswa baru hasil UTBK-SBMPTN dilakukan secara online melalui aplikasi https://utbk-mandiri.ubt.ac.id yang akan dibuka mulai tanggal 14 s.d. 23 Juni 2021.

Adalah penerimaan mahasiswa baru berdasarkan hasil UTBK-SMUBT yang wajib diikuti oleh peserta pada jadwal yang telah ditetapkan. Peserta diberi kesempatan untuk memilih dua progam studi berdasarkan pilihan ujiannya (Soshum/Saintek).

Peserta yang dinyatakan diterima melalui seleksi nasional jalur SBMPTN pada tanggal 14 Juni 2021 dan melalui seleksi mandiri UBT jalur Hasil UTBK-SBMPTN tidak diperkenankan mengikuti UTBK-SMUBT, apabila diketahui maka akan dibatalkan kelulusannya di seleksi mandiri UBT.

Pendaftaran mahasiswa baru jalur UTBK-SMUBT dilakukan secara online melalui aplikasi https://mandiri.ubt.ac.id yang akan dibuka mulai tanggal 2 s.d. 26 Juni 2021.

Pendaftaran mahasiswa baru jalur Kelas Kerjasama dilakukan secara online melalui aplikasi https://mandiri.ubt.ac.id yang akan dibuka mulai tanggal 28 Juni sampai dengan 9 Juli 2021.

Tata Cara Pendaftaran SMUBT Mandiri

Jadwal Pelaksanaan Penerimaan SMUBT Mandiri Tahun 2021

  1. Jadwal Penerimaan mahasiswa baru jalur Hasil UTBK-SBMPTN 2021Jadwal Penerimaan mahasiswa baru jalur Hasil UTBK-SBMPTN 2021
  2. Jadwal Penerimaan mahasiswa baru Jalur UTBK-SMUBTJadwal Penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK-SMUBT 2021
  3. Jadwal Penerimaan mahasiswa baru pola mandiri UBT jalur Kelas KerjasamaJadwal Penerimaan mahasiswa baru pola mandiri UBT jalur Kelas Kerjasama

Biaya Pendaftaran UTBK Mandiri

  1. Biaya Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Universitas Borneo Tarakan
    1. Melalui Jalur Tes UTBK-SMUBT dan Hasil UTBK-SBMPTN
      • – Soshum dan Saintek sebesar Rp. 250.000; (dua ratus lima puluh ribu rupiah)
      • – Campuran sebesar Rp. 300.000; (tiga ratus ribu rupiah)
    2. Melalui Jalur Seleksi Kelas Kerjasama Rp.350.000; (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)
  2. Biaya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru yang telah disetor ke Bank Kaltimtara melalui nomor rekening UBT tidak dapat ditarik kembali oleh peserta dengan alasan apapun

Pendaftaran

  1. Pendaftaran SMUBT Jalur UTBK-Mandiri https://mandiri.ubt.ac.id
  2. Pendaftaran SMUBT Jalur Hasil UTBK-SBMPTN https://utbk-mandiri.ubt.ac.id

Program Studi

Daftar program studi yang dibuka: