Sekilas

Universitas Borneo Tarakan (UBT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Kota Tarakan yang terletak di wilayah Utara Propinsi Kalimantan Timur, dan merupakan salah satu beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia. Universitas Borneo Tarakan juga terletak pada wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia-Sabah, yang secara geo-politik dan geo-ekonomi memiliki peranan penting. Faktor geografis di posisi perbatasan ini akan sangat menentukan kesan kuat bagi negara tetangga terhadap gambaran kondisi pendidikan di Indonesia.

Universitas Borneo Tarakan (UBT) lahir dan berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan masyarakat yang selalu ingin meningkatkan kemampuan agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Diantara beberapa Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Utara Kalimantan Timur, Universitas Borneo Tarakan memiliki peluang yang cukup besar untuk memberikan jaminan mutu dan kualitas pendidikan. Kota Tarakan dan sekitarnya tempat dimana Universitas Borneo Tarakan berada sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat ditandai dengan pertumbuhan pembangunan fisik, jumlah penduduk, sarana dan prasarana yang semakin lengkap. Hal ini akan menambah daya tarik dan menjadikan suasana yang kondusif bagi mahasiswa untuk menuntut ilmu.

Universitas Borneo Tarakan juga berada dalam kawasan dengan potensi kekayaan sumberdaya pesisir dan kelautan, sumberdaya alam darat baik hayati maupun non-hayati yang sangat beragam, hutan tropis, serta letak geografis yang strategis dengan ciri-ciri khususnya, menuntut adanya pengelolaan secara optimal dan berkelanjutan. Dengan demikian, maka dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, berdirinya Universitas Borneo Tarakan menentukan tujuan yaitu :

  1. Membantu Pemerintah dalam menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dengan rasa penuh tanggung jawab demi masa depan bangsa dan negara;
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi sumberdaya manusia yang siap pakai untuk mengelola potensi sumberdaya yang ada, serta menjadikan peserta didik sebagai anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profersional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya;
  3. Meningkatkan mutu manusia indonesia sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti yang luhur, berwatak, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, kreatif, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air, dan memiliki rasa kesetiakawanan.